Tidak banyak orang tahu ketika Anda memutuskan untuk menabung di bank, Anda sebenarnya tidak hanya diberikan 1 macam tabungan yang bisa Anda pilih. Setidaknya ada 5-7 tabungan yang bisa Anda pilih tergantung kebutuhan. Tetapi karena masyarakat banyak yang mengira bahwa tabungan hanya itu-itu saja, mereka tidak bertanya kepada petugas bank. Padahal ada banyak sekali variasi tabungan di bank yang bisa Anda pilih dengan manfaat yang berbeda-beda.

Di dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa variasi tabungan di bank yang tidak akan Anda sangka sebelumnya. Mungkin sekarang Anda masih belum membutuhkan jenis tabungan yang akan kita bahas kali ini, tetapi siapa tahu nanti Anda sudah mempunyai bisnis atau berkeluarga sehingga Anda harus mempertimbangkan untuk memakai jenis tabungan lain.

Tabungan Konvensional

Pertama tentu kita akan membahas tabungan konvensional atau tabungan yang banyak dipakai orang. Tabungan konvensional adalah dana yang bisa disimpan dan diambil kapan saja dan tidak ada batas waktu penyetoran. Tabungan konvensional pada zaman dahulu berbeda dengan zaman sekarang, jika dulu tabungan konvensional ini sangat terbatas waktu kerja, sekarang tabungan konvensional saat dibantu oleh ATM yang buka hampir 24 jam.

Dengan adanya kartu ATM, Anda bisa menggunakan tabungan Anda untuk berbelanja offline maupun online. Dengan kartu ATM pula Anda bisa menarik atau menyimpan dana di mesin ATM yang hampir ada seluruh pusat perbelanjaan. Beberapa keuntungan dari tabungan konvensional adalah bunga dari setiap Anda menabung. Bunga dari tabungan juga bermacam-macam, ada yang 0.2% sampai 2% tergantung jumlah tabungan dan bank.

Lalu untuk kerugian dari tabungan konvensional adalah jika Anda ingin melakukan investasi dengan cara menabung. Bunga yang Anda dapatkan akan lebih kecil daripada instrumen investasi lain seperti reksadana, properti atau saham. Lalu jika Anda salah memilih bank ketika menabung, bisa-bisa bank Anda mengalami masalah seperti likuidasi.

Tabungan Investasi

Jika Anda mengetahui investasi, maka ada yang namanya juga tabungan investasi. Tabungan investasi juga dibagi bermacam-macam sesuai dengan instrumen investasi.

  • Tabungan Rencana

Tabungan rencana ini bisa dibilang juga tabungan pendidikan. Gunanya tabungan rencana ini adalah untuk Anda yang mempunyai anak yang sedang sekolah atau pendidikan. Jadi nantinya tabungan rencana ini akan mentransfer otomatis ke dalam rekening tertentu. Untuk ingin terdaftar pada tabungan rencana, Anda harus mempunyai tabungan konvensional terlebih dahulu.

  • Tabungan deposito

Tabungan deposito ini sebenarnya sampa sepert tabungan konvensional, tetapi bedanya Anda tidak bisa sembarangan dalam mengambil uang. Biasanya sebelum melakukan pendaftaran tabungan deposito, Anda akan ditanya berapa lama Anda akan menyimpan dana. Mulai dari 3 bulan sampai 5 tahun. Jika Anda ingin mengambil uang, maka Anda akan terkena penalti. Tetapi sebaliknya, jika Anda tidak mengambil sampai tanggal jatuh tempo Anda akan mendapatkan bunga yang cukup tinggi.

  • Tabungan mata uang asing

Tabungan mata uang asing ini biasanya dipunyai oleh orang yang sering bepergian ke luar negeri. Selain itu Anda bisa melakukan investasi dengan membeli beberapa mata uang asing ketika turun dan menjual kembali ketika harganya naik.

Tabungan Giro

Tabungan giro ini juga cukup terkenal jika dibandingkan tabungan yang lain. Biasanya tabungan giro ini digunakan untuk perusahaan karena sangat aman untuk digunakan transaksi. Beberapa kelebihan dari tabungan giro adalah Anda harus melakukan transaksi pada saat hari kerja saja. Jadi untuk perusahaan, itu adalah solusi yang cukup bagus.

Tabungan Haji

Tabungan haji ini juga menjadi salah satu favorit tabungan di Indonesia. Tabungan haji ini digunakan untuk menabung sampai jumlah tertentu sampai cukup ke tanah suci. Biasanya setiap bank ini memiliki beberapa kebijakan, mulai dari jumlah menabung setiap bulan sampai paket yang ditentukan. Jika mencapai jumlah tertentu, pihak bank juga bisa langsung mendaftarkan ke departemen agama untuk langsung mendapatkan nomor antre.

Itulah beberapa varian tabungan di bank yang bisa Anda pilih. Siapa tahu Anda nanti tertarik dengan salah satu jenis tabungan di atas, Anda bisa mendapatkan gambaran terlebih dahulu.

Post Your Thoughts