Hunian yang aman dan nyaman tentu merupakan impian setiap orang. Rumah yang dipakai harus memenuhi standar kelayakan huni. Untuk itu, langkah renovasi rumah menjadi perlu dilakukan. Lalu, bagaimana soal biayanya? Biaya renovasi tentunya tidak sedikit. apalagi bahwa kerusakan cukup parah. Renovasi rumah murah tentu menjadi harapannya.

Anda dapat mengajukan pinjaman sebagai biaya perbaikan rumah. Kini, banyak jenis pembiayaan yang menawarkan beragam cara efektif pengajuan pinjaman untuk merenovasi rumah dengan biaya murah dan sistem terjamin. Apa saja cara-caranya? Inilah cara mendapat pinjaman dan cara menghemat biaya renovasi rumah.

  1. Kredit Renovasi dari BPJS Ketenagakerjaan

Sekarang, BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan BTN dalam rangka membantu nasabah asuransi BPJS yang sudah aktif minimal selama 5 tahun, guna memperoleh kredit lunak dalam renovasi rumah. Apabila memenuhi syarat tersebut, maka Anda bisa mengambil cara ini.

Jaminan pemberia kredit renovasi rumah tersebut adalah saldo rekening dalam BPJS Ketenagakerjaan milik setiap peserta yang memperoleh pinjaman biaya renovasi. Produk pinjaman untuk renovasi rumah murah ini bernama PRR-KB BTN Jamsostek. Bunga yang harus dibayarkan juga tetap per periode, yaitu 6%.

Bunga tersebut dibayarkan sekaligus dengan jumlah angsuran pinjaman pokok oleh setiap nasabah yang mengajukan pinjaman dan disetujui oleh oleh pihak-pihak terkait. Sistem pinjaman ini dapat diangsur dengan jangka waktu maksimal adalah 10 tahun. Mengenai jumlah pinjaman tunai, jumlah maksimalnya adalah 30 juta.

  1. Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Tunaiku

Jika Anda bukan merupakan anggota BPJS Ketenagakerjaan, maka ada alternatif pilihan lain yang bisa dipilih, yaitu (KTA) Kredit Tanpa Anggunan dari tunaiku, yaitu merupakan pembiayaan renovasi rumah secara online. Bunga yang berlaku cukup bersaing, yaitu tetap sebesar 3% setiap bulannya.

Prosesnya yang berlangsung secara online cukup efektif dari segi waktu dan biaya, karena merupakan pinjaman cepat langsung cair dalam 1 hari, tanpa jaminan dalam bentuk apapun. Pinjaman yang diberikan senilai 10 juta. Anda dapat membayarkan angsuran per periode dengan rincian biaya pokok pinjaman dan bunga per bulannya.

  1. Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Perencanaan sangat diperlukan dalam hal apapun, termasuk dalam rangka merenovasi rumah. Anda bisa membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan sistematis dan cermat saat pengajuan kredit pinjaman biaya renovasi rumah. Dalam membuat rencana tersebut, ada baiknya jika berkonsultasi ke kontraktor atau tukang bangunan.

Layanan konsultasi online juga sudah tersedia dan bisa mennjadi pilihan praktis bagi Anda untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam menyusun RAB secara efektif, sehingga mampu meminimalisir biaya yang diperlukan. Jika Anda memilih layanan ini, hendaknya memilih jasa konsultasi yang benar-benar terjamin.

  1. Membuat Skala Prioritas Renovasi Rumah

Skala prioritas sangat diperlukan dalam proses perbaikan rumah agar efektif dari segi biaya. hal ini lebih berlaku saat biaya perbaikan rumah memang terbatas, sedangkan bagian rumah banyak yang harus diperbaiki. Tentunya, Anda harus pandai-pandai dalam menentukan urutan perbaikan rumah dengan bijaksana.

Sebagai saran, urutkanlah bagian rumah yang perlu direnovasi mulai bagian paling urgent sampai yang rusak ringan. Dalam menyusun skala prioritas renovasi tersebut, Anda harus mendahulukan kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan, sehingga nantinya alokasi dana justru tidak tepat sasaran.

Beberapa cara tersebut merupakan solusi finansial efektif untuk memperoleh pinjaman murah serta menekan biaya renovasi rumah hingga di bawah 30 juta. Untuk kredit biaya renovasi rumah yang cepat, aman, tanpa pinjaman, maka Tunaiku siap membantu untuk pinjaman cepat langsung cair hanya dalam satu hari.

Post Your Thoughts