Salah satu dari beberapa momen paling seru dalam hidup Anda mungkin adalah ketika Anda memilih rumah impian. Dari masalah lokasi mana, sampai lingkungan seperti apa yang Anda pilih sebagai tempat keluarga Anda tumbuh, memilih rumah yang tepat untuk Anda merupakan keputusan yang tidak main-main. Bahkan lebih pentingnya lagi adalah bagaimana Anda dan keluarga hidup di rumah tersebut, dan bagaimana rumah tersebut dapat sesuai dengan gaya hidup Anda.

Setelah mengetahui kebutuhan Anda dan keluarga akan sebuah bangunan rumah, kini saatnya Anda memilih model rumah. Kebutuhan dan gaya hidup antara satu keluarga dengan keluarga yang lain pasti berbeda, sehingga untuk melabeli satu model rumah sebagai yang terbaik di antara begitu banyaknya pilihan model rumah yang tersedia akan sangat sulit untuk dilakukan. Meskipun begitu, untuk saat ini, model rumah sederhana dan minimalis lah yang tengah digandrungi banyak keluarga Indonesia.

Nah, ketika sudah menentukan, misalnya, desain minimalis sebagai gaya rumah Anda, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan denah rumah yang dapat mengakomodir seluruh aktivitas keluarga Anda. Bagaimana sih caranya menentukan denah rumah yang tepat? Berikut ulasannya untuk Anda!

  1. Putuskan ukuran yang paling cocok untuk keluarga Anda

Tidak semua keluarga memerlukan lahan yang terlalu luas, namun semua keluarga tidak akan merasa nyaman di dalam rumah dengan hanya dua buah kamar tidur. Dalam memilih denah rumah, pertama-tama Anda harus mulai dari menentukan luas bangunan yang akan Anda buat. Jangan lupa sesuaikan dengan gaya hidup dan jumlah anggota keluarga Anda. Hitung berapa banyak kamar tidur yang akan Anda perlukan untuk untuk setiap orang di keluarga Anda, dan berapa banyak kamar mandi yang harus Anda bangun untuk Anda dan juga untuk tamu. Dengan demikian, ukuran sebuah rumah haruslah menjadi pertimbangan Anda paling pertama sebelum memilih denah rumah.

  1. Pilih denah rumah sesuai dengan gaya desain rumah Anda

Setiap orang tentu memiliki preferensi gaya bangunan yang sesuai dengan selera mereka sendiri-sendiri, untuk itu, ketika memilih denah rumah, Anda juga harus memikirkan gaya rumah Anda secara keseluruhan. Apabila rumah Anda memiliki gaya minimalis, tentunya Anda juga harus memilih denah rumah yang sesuai untuk rumah minimalis.

  1. Ketahui pro dan kontra denah rumah yang akan Anda pilih

Rasanya akan sangat sulit untuk menemukan denah rumah yang sempurna, namun meskipun tidak sempurna, yang tepat untuk Anda sangat mungkin untuk ditemukan. Akan selalu ada pro dan kontra ketika dari setiap denah rumah, dan Anda harus menentukan prioritas Anda dalam sebuah rumah, dan hal apa yang dapat atau tidak dapat absen dari konsep rumah impian Anda.

  1. Konsultasi pada kontraktor

Sebelum memilih kontraktor, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi yang diberikan oleh banyak pihak kontraktor untuk mendiskusikan denah rumah seperti apa yang terbaik untuk Anda, yang biasanya diberikan secara cuma-cuma alias gratis!

  1. Percaya insting Anda

Setiap manusia tentu memiliki kemampuan untuk “merasakan” apakah sesuatu akan baik atau tidak untuk diri mereka. Begitu juga dengan Anda. Gunakan insting dan perasaan Anda sebagai pertimbangan ketika sedang menyeleksi begitu banyak denah rumah yang tersedia untuk Anda.

  1. Tentukan furnitur yang akan Anda gunakan

Ketika Anda mungkin hanya sedang memikirkan perkara jumlah ruangan ddan layout dari denah rumah yang akan Anda pilih, memilih furnitur yang tepat juga merupakan salah satu investasi terbesar, yang juga merupakan tantangan emosional jika tidak berhati-hati. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan furnitur lama di tempat yang baru, pastikan Anda telah mengukurnya dengan tepat ketika sedang memilih denah rumah. Begitu pula apabila Anda akan menggunakan furnitur yang seluruhnya baru, pikirkan dengan cermat furnitur apa saja yang akan Anda beli, dan di mana furnitur tersebut akan Anda tempatkan di rumah baru Anda.

  1. Ketahui batas keuangan Anda

Kini waktunya Anda untuk menghadapi masalah pelik yang satu ini; keuangan. Sebelum semakin serius memilih satu denah rumah untuk Anda aplikasikan, ketahui dengan tepat berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk mendesain rumah dengan layout seperti demikian. Lagi-lagi, untuk masalah ini, Anda bisa tanyakan kepada kontraktor atau tukang bangunan untuk membantu Anda menentukan denah rumah untuk Anda pilih, yang tentunya sesuai dengan bujet proyek Anda.

Post Your Thoughts